Aplikasi

Apa Itu Aplikasi Keluarga Sehat?

apa itu aplikasi keluarga sehat

Aplikasi Keluarga Sehat adalah salah satu aplikasi yang dikeluarkan oleh Kementrian Kesehatan yang secara resmi digunakan untuk mendukung program indonesia sehat dengan pendekan keluarga atau yang sering disebut dengan PIS-PK. Selain itu aplikasi ini juga sebagai database infromasi yang digunakan oleh puskesmas.

Umumnya setiap puskesmas wajib memiliki aplikasi ini, supaya mereka mengetahui data dan informasi kesehatan dari penduduk atau pasien. Jadi aplikasi ini dikhususkan untuk kegiatan dinas atau khusus untuk yang bekerja di instansi kesehatan, contohnya yaitu Pusekesmas.

Sejarahnya aplikasi ini dulu bernama Prokesga atau Program Kesehatan Keluarga, barulah sekarang terjadi perubahan nama menjadi Keluarga Sehat. Sebelum aplikasi ini rilis, setiap pengguna bisa mengaksesnya melalui website resmi kementrian Kesehatan. Walaupun sudah ada versi android-nya kedua aplikasi mau itu berbasis web atau aplikasi android masih tetap digunakan, hanya saja memiliki beberapa perbedaan terutama dalam modul yang ditampilkan.

Untuk Aplikasi Keluarga Sehat berbasis web, ada 3 modul penting yang harus anda tau.

  1. Modul Administrator : modul ini digunakan untuk pengaturan pada menu dan pengguna dari aplikasi Keluarga sehat.
  2. Modul Dashboard : pada modul ini akan menampilkan hasil dari seluruh jumlah keluarga.
  3. Modul Kuesioner : modul ini digunakan untuk keperluan menginput data lapangan mau itu secara online ataupun offline.

Sedangkan untuk Aplikasi Keluarga sehat berbasir aplikasi android, ada 2 modul-nya seperti berikut ini.

  1. Modul Kuesioner : modul ini digunakan untuk menginput data yang didapat dari lapangan mau itu secara online atau offline.
  2. Modul Dashboard : pada modul ini anda akan melihat semua data yang dikumpulkan berdasarkan data yang telah di input dari observasi lapangan.

Cara Menggunakan Aplikasi Keluarga Sehat

cara menggunakan aplikasi keluarga sehat

Penggunaan aplikasi keluarga sehat awalnya dilakukan dengan mendata nama calon yang akan mengelola aplikasi keluarga sehat untuk suatu puskesmas. Ada beberapa calon petugas yang dibutuhkan dalam pengelolahan aplikasi keluarga sehat diantaranya : kepala puskesmas, Administrator Puskesmas (1 orang), Pengumpul data atau supervisor, Surveryor (10 orang).

Selanjutnya dinas kabupaten/kota akan mengirimkan sebuah surat permohonan resmi ke kementrian kesehatan melalui email yaitu [email protected] Didalam surat permohonan ini berisi informasi dan biodata mulai dari : nama dan kode puskesmas, Nama dan Nik, Jabatan kerja, nomor HP dan email yang aktif.

Jika sudah dalam keadaan terkirim, semua data puskesmas dan calon akan diverifikasi kebenarannya oleh pusat data dan informasi (pusdatin), setelah proses verifikasi sudah selesai akan dikirim panduan aktivasi beserta akun untuk login yang terdiri dari 1 akun dinas Kesehatan provinsi, 1 Akun untuk administrator puskesmas dan 1 akun dinas kabupaten/kota. Selanjutnya akun tersebut sudah bisa digunakan untuk keperluan dinas dan juga untuk meninput data dan informasi kesehatan.

Download Aplikasi Keluarga Sehat

aplikasi keluarga sehat

Setelah mengetahui cara menggunakan aplikasi Keluarga Sehat sekarang anda bisa melakukan install pada smartphone anda. Aplikasi ini tersedia secara gratis di play store. Silahkan dicari dengan kata kunci Aplikasi Keluarga Sehat dan install.

Dengan adanya aplikasi keluarga sehat akan lebih memudahkan instansi kesehatan seperti Puskesmas untuk mengetahui keadaan, informasi dan mengakses data dari pasien atau penduduk yang terintegrasi dengan puskesmas tersebut.

Selain itu aplikasi ini diharapkan menjadi solusi terhadap daerah yang memiliki permasalahan atau kendala terhadap akses internet. Pendataan pun bisa dilakukan lebih mudah dengan aplikasi ini, termasuk untuk mengisi kuesioner yang didapat dilapangan mau itu secara online ataupun offline.