Cara Menghapus Aplikasi yang Tidak Bisa Dihapus di Android

1 min read

Cara Menghapus Aplikasi yang Tidak Bisa Dihapus di Android – Untuk menghapus sebuah aplikasi di smartphone, terbilang cara yang cukup mudah, karena hal tersebut bisa anda lakukan dengan drag aplikasi dan arahkan ke icon tong sampah.

Namun tidak semua aplikasi bisa anda hapus, contohnya saja aplikasi bawaan atau sistem seperti launcher, jam, kalender dan lainnya.

Namun ada juga aplikasi yang anda install tetap tidak bisa dihapus, hal tersebut biasanya terjadi karena aktifnya fitur administrator perangkat pada aplikasi tersebut

Selain itu bisa saja aplikasi yang tidak bisa dihapus tersebut merupakan virus atau malware. Untuk mengatasinya, anda bisa membaca beberapa cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus di android yang telah kami rangkum berikut ini.

Aplikasi Bawaan

Aplikasi Tidak Bisa Dihapus di Android

Umumnya beberapa orang menilai bahwa aplikasi yang terlalu banyak menggunakan ram, daya atau data haruslah dihapus. Padahal aplikasi tersebut adalah aplikasi sistem atau aplikasi bawaan yang memang tidak bisa dihapus.

Jikalaupun bisa dihapus, tentunya hal ini kurang direkomendasikan, karena akan mengganggu kinerja dari smartphone tersebut.

Jadi coba pastikan kembali, apakah aplikasi yang tidak bisa dihapus tersebut merupakan aplikasi sistem atau bawaan, jika iya, sebaiknya tidak usah dihapus.

Nonaktifkan Fitur Administrator Perangkat

Fitur administrator perangkat merupakan fitur yang memberikan izin ke aplikasi yang telah anda install untuk mendapatkan beberapa izin akses dan mengendalikan perangkat anda hingga ke pengaturan yang lebih tinggi.

Umumnya aplikasi yang menggunakan fitur administrator perangkat seperti : antivirus, launcher dan lainnya.

Aktifnya adminstrator perangkat pada aplikasi tersebut, membuat pengguna kesulitan untuk melakukan uninstall, maka fitur tersebut harus di matikan terlebih dahulu, dengan cara berikut ini.

  1. Pertama, masuk ke pengaturan atau settings smartphone anda
  2. Lalu pilih menu Keamanan dan Privasi
  3. Lanjut pilih menu  Administrator Perangkat
  4. Pada bagian selanjutnya, anda akan melihat semua aplikasi yang menggunakan fitur ini
  5. Selanjutnya, tap pada aplikasi yang ingin dihapus, lalu hilangkan tanda centang dengan menekan menu Menonaktifkan
  6. Setelah fitur tersebut sudah dinonaktifkan, sekarang anda sudah bisa menghapus aplikasi yang sebelumnya tidak bisa dihapus

Gunakan Aplikasi Tambahan

Sebetulnya, sudah banyak aplikasi dari pihak ke-3 yang tersedia di play store untuk digunakan menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus, salah satunya Easy Uninstaller App Uninstall.

Aplikasi ini tersedia secara gratis di play store dan sudah di install lebih dari 10 juta pengguna. selain untuk menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus, ada beberapa fitur lainnya yang bisa anda gunakan.

Antara lain : App Usage Tracking, Batch uninstall, App share dan lainnya. Selain aplikasi diatas, ada banyak aplikasi lainnya yang bisa anda gunakan, silahkan cari di google play store.

Lakukan Factory Reset

Jika beberapa cara diatas sudah anda coba dan tidak berhasil juga, maka anda harus melakukan factory reset pada smartphone yang anda gunakan.

Hal ini bisa saja disebabkan karena aplikasi tersebut sudah terkena virus atau malware. Sehingga beberapa akses akan membuat anda tidak dapat menghapus aplikasi tersebut.

Factory reset akan membantu anda untuk menghapus aplikasi tersebut, sekalian mengembalikan smartphone yang anda miliki dalam keadaan pabrikan.

Perlu diperhatikan, saat melakukan factory reset akan menghapus semua data yang ada di smartphone anda, sebaiknya lakukan backup terlebih dahulu untuk file atau data yang penting.

Baca Juga:

Demikianlah cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus di android yang bisa anda coba.

Dari beberapa opsi diatas, jika sudah di coba dan tidak berhasil, berarti ada kemungkinan aplikasi yang tidak bisa dihapus tadi terkena virus. Solusi satu-satunya kalau sudah seperti itu, maka lakukan factory reset.

SELAMAT DATANG
Selamat Membaca Artikel, Jaga Kesehatan Jangan Lupa Cuci Tangan, Kritik,Saran dan Kerja Sama Silahkan Hubungi Kami [email protected]