Oppo Tips & Trik

Cara Flash HP OPPO Tanpa PC / Laptop

cara flash hp oppo

Jika terjadi error dan bug pada smartphone oppo, apa yang harus anda lakukan? sebetulnya untuk menyelesaikan masalah tersebut bisa dilakukan dengan flash.

Selain error ada beberapa masalah lagi yang bisa anda selesaikan menggunakan Teknik Flashing, antara lain : Lupa Sandi keamanan, Bootlop, Aplikasi sistem yang bermasalah dan lainnya.

Jika anda pengguan smartphone OPPO dan memiliki masalah pada hp OPPO anda, bisa mencoba flashing. Teknik flashing selain digunakan untuk memperbaiki masalah, juga akan membantu anda untuk memperbaharui Firmware hp OPPO anda.

Jika umumnya proses flashing dilakukan menggunakan PC atau komputer dengan bantuan software flashing, maka pada tutorial kami akan memberitahukan bagaimana cara flash hp oppo tanpa menggunakan PC / laptop.

Cara Flash HP OPPO Tanpa PC / Laptop

Download Firmware Oppo

Pertama, sebelum masuk ke tutorial flash hp oppo tanpa bantuan PC, kita harus mempersiapkan dulu bahan-bahan yang hendak digunakan. Salah satu bahan yang wajib ada dan di download adalah Firmware Oppo.

Untuk mendapatkan Firmware Oppo bisa anda cari di google atau langsung download melalui website resmi download Firmware Oppo yang disediakan OPPO smartphone. Silahkan sesuaikan saja type hp OPPO yang anda gunakan dengan type Firmware yang akan anda download.

Pindahkan Firmware Oppo ke SD Card

Selanjutnya, Firmware Oppo yang telah anda download tadi, silahkan dipindahkan ke kartu memori yang anda gunakan. Pastikan saat ingin melakukan proses flash, kartu memori tersebut dipasang atau dalam keadaan digunakan. 

Jika anda download melalui browser di hp oppo anda, silahkan pindahkan dari folder download memori internet ke SD Card.

Cara Flashing HP OPPO Semua Tipe

Setelah menyiapkan bahan yang akan digunakan dan memindahkannya ke kartu SD, sekarang masuk ke proses flashing hp OPPO anda, namun sebelumnya pastikan bahwa baterai hp anda dalam keadaan penuh atau diatas 80%.

Supaya saat proses flashing tidak mati tiba-tiba dan mengalami kegagalan yang berakibat error dan tidak bisa digunakan. Silahkan ikuti langkah-langkah flashing berikut ini :

  1. Pastikan terlebih dahulu, hp oppo yang anda miliki dalam keadaan mati. Jika hp tersebut stuck di logo atau bootloop maka matikan paksa dengan melepas baterai yang terpasang
  2. Selanjutnya, kita hidupkan kembali hp oppo tersebut dengan cara tekan tombol Volume down + Power secara bersamaan. Lepas tombol yang anda tekan tadi, Jika sudah muncul tulisan Recovery Mode dibagian pojok kiri bawah
  3. Jika sudah masuk ke Recovery mode, maka anda akan diminta untuk memilih bahasa terlebih dahulu, dibeberapa versi terbaru smartphone dalam recover mode anda bisa menggunakan langsung touch screen untuk memilih menu. Namun jika tidak bisa gunakan tombol volume up sebagai navigasi dan tombol power untuk konfirmasi
  4. Lanjut dengan memilih menu Wipe data dan cache, jika ada notifikasi muncul tekan saja Yes
  5. Lalu pilih opsi Install dari sd atau memori eksternal
  6. Selanjutnya anda bisa memilih file Firmware OPPO yang telah anda download dan pindahkan ke kartu SD tadi. Jika ada notifikasi muncul, tekan saja Yes untuk melanjutkan
  7. Proses Flashing akan berjalan selama beberapa menit, jadi tunggu saja hingga proses selesai
  8. Jika proses telah selesai anda bisa melanjutkan dengan menekan Reboot
  9. Proses flashing sudah selesai dan hp OPPO anda sudah bisa digunakan.

smartphone sering lemot, lag dan macet? yuk atasi dengan Cara Mudah Reset HP OPPO untuk semua tipe

Akhir Kata

Demikianlah cara flashing hp oppo tanpa menggunakan bantuan PC. Cara diatas bisa anda coba untuk menyelesaikan masalah yang muncul pada hp anda, selain itu proses flashing diatas akan membantu anda untuk melakukan update Firmware. Semoga bermanfaat.