Cara Melacak Hp Android yang Hilang Melalui IMEI

Posted on

Cara Melacak Hp Android yang Hilang Melalui IMEI – Hp android sekarang sudah tersedia banyak fitur yang sangat membantu, terutama dalam hal keamanan. Anda akan lebih mudah untuk menemukan hp android yang hilang dengan berbagai fitur yang sudah tersedia.

Namun, yang menjadi pertanyaan, apakah bisa melacak hp android yang hilang dengan menggunakan imei? Imei merupakan nomor identitas bawaan pabrik yang tersedia pada setiap hp atau smartphone dan tentunya berbeda-beda atau unik.

Selain digunakan sebagai nomor indentitas, ada beberapa informasi hp yang terdapat di nomor imei tersebut, termasuk pabrik yang mengeluarkan hp tersebut.

Untuk mencari hp android yang hilang dengan imei, sebetulnya mustahil untuk dilakukan secara langsung, untuk melakukan hal tersebut tentunya membutuhkan bantuan dari provider kartu sim yang anda gunakan.

Karena biasanya mereka yang memiliki informasi detail, termasuk lokasi terkahir dari hp tersebut.

Namun selain menggunakan imei yang harus datang atau menghubungin langsung costumer service provider, anda bisa menggunakan fitur keamanan yang sudah tersedia langsung di hp android, seperti find my device dari google.

Untuk melakukan cara ini juga membutuhkan imei yang bisa anda gunakan untuk mencocokan hp yang sebelumnya terhubung dengan find my device. Berikut ini cara melacak hp android yang hilang melalui imei.

Hubungi Costumer Service

cara melacak hp yang hilang dengan gmail

Salah satu cara menemukan hp android yang hilang, yaitu menghubungi costumer service dari kartu provider yang anda gunakan.

Bisa menghubunginnya langsung melalui panggilan atau datang ke gerai dari provider tersebut, silahkan informasikan ke petugas bahwa hp anda hilang. Jika petugas atau costumer service tersebut menanyakan imei dari hp tersebut, maka beritahu detailnya.

Biasanya hp yang hilang tersebut, bisa ditemukan jika fitur gps yang ada di hp tersebut aktif dan nantinya anda akan lebih mudah mendapatkan informasi atau keberadaan akurat dari hp tersebut.

Namun, jika fitur gps tidak hidup, biasanya informasi yang didapat dari hp yang hilang tersebut adalah lokasi terkahir.

Gunakan Find My Phone Google

Jika pencarian hp android yang hilang melalui costumer service terbilang cukup ribet dan mungkin gagal, maka anda bisa menggunakan alternatif lainya, seperti Find my phone dari google.

Cara ini terbilang lebih mudah, karena biasanya semua hp yang menggunakan os android, sudah terhubung secara langsung dengan Google atau gmail.

Terkadang, jika anda menggunakan cara ini, anda juga membutuhkan imei untuk mencocokan perangkat yang tersambung ke find my phone.

  1. Pertama, buka browser yang ada di smartphone atau komputer anda, disarankan menggunakan komputer atau laptop
  2. Lalu masuk ke website Google find my device, pada halaman awal anda akan diminta untuk login menggunakan akun gmail yang anda gunakan di hp android yang hilang tersebut
  3. Jika sudah berhasil login, pada halaman selanjutnya anda akan melihat peta dan beberap detail informasi dari hp android tersebut, termasuk imei
  4. Lalu akan ada 3 opsi yang tersedia, yaitu : bunyikan suara, amankan handphone, dan hapus data
  5. Untuk melihat informasi atau posisi dari hp android yang hilang tersebut anda bisa melihatnya pada bagian peta yang tampil
  6. Disini anda bisa memilih SECURE DEVICE, fungsinya untuk mengunci hp tersebut
  7. Selanjutnya, silahkan cari hp tersebut dengan mengikut petunjuk arah dari peta yang sebelumnya sudah tersedia.

Baca Juga:

Demikianlah cara melacak hp android yang hilang melalui imei. Untuk mencari hp android yang hilang, terutama menggunakan imei, terbilang cukup sulit.

Karena memang imei sendiri tidak memuat informasi yang jelas atau keberadaan dari hp tersebut, hanya beberapa detail informasi seperti informasi pabrik, hardware dan lainnya. Namun dengan menggunakan find my device bisa dijadikan alternatif yang cukup bagus.

Ingin berbagi informasi melalui media online yang bisa diakses oleh semua kalangan.