Cara Membuat Hotspot WiFi di Laptop Dengan CMD – Tentu saja kamu sudah mengenal apa itu wifi. Pada zaman digital ini wifi sudah sangat dikenal bahkan dicari-cari karena bisa mengakses internet dengan cepat.

Hotspot wifi dapat memancarkan sinyal yang berkisar pada jarak 20 meter hingga 100 meter. Hotspot wifi atau pemancar wifi tersebut menggunakan alat yang digunakan untuyk memancarkan sinyal. Ternyata alat tersebut terdapat juga pada laptop.

Ada banyak cara untuk menghidupkan hotspot wifi di laptop kita, bisa menggunakan software maupun tidak. Nah, salah satu cara untuk menyalakan hotspot pada laptop yaitu menggunakan Command Prompt atau yang sering disebut CMD.

Syarat utama untuk melakukan cara ini yaitu laptop atau komputer kamu memakai OS Windows 7 ataupun lebih tinggi. Mengapa demikian ? ya, hal tersebut dikarenakan hanya OS Windows 7 atau diatasnya saja yang sudah memiliki Command Prompt (CMD).

Setiap OS memiliki terminalnya sendiri, contoh linux memilikI Terminal Emulator, sedangkan Windows memiliki terminal yaitu Command Prompt maka dari itu pada cara ini kita hanya bisa digunakan pada OS Windows saja.

Cara Membuat Hotspot WiFi di Laptop Dengan CMD

Mengapa menggunakan CMD ? hal ini dikarenakan CMD merupakan terminal pada windows yang dapat melakukan apa saja sesuai perintah yang di masukkan. Untuk mengaktifkan hotspot pada laptop, ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Cara Mengaktifkan Hotspot di Laptop Dengan CMD

  1. Buka CMD

    Yang pertama kamu harus membuka Command Prompt (CMD) terlebih dahulu dengan cara klik kanan pada start, lalu pilih command prompt.

  2. Masukkan Kode Berikut

    Lalu masukkan perintah yang ada dibawah ini
    “Netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=namahotspot key=password
    Kamu bisa mengganti tulisan tebal dengan nama hotspot yang ingin kamu buat dan tulisan tebal dengan password hotspot *minimal 8 karakter

  3. Cara Menghidupkan Hotspot Via CMD

    Kode diatas hanyalah untuk mengatur hotspot. Untuk menyalakannya kamu harus memasukkan command atau perintah dibawah ini.
    “netsh wlan start hostednetwork

Sekarang hotspot pada laptop kamu sudah menyala dan untuk mematikan hotspot tersebut kamu harus memasukkan perintah berikut pada Command Prompt.

“netsh wlan stop hostednetwork

Sekian ulasan tutorial kali ini mengenai Cara Membuat Hotspot WiFi di Laptop dengan CMD, apabila anda mengalami kesulitan bisa bertanya melalui kolom komentar dibawah.

Leave a Comment