Tips & Trik

Cara Membuat HP Android Support OTG

cara membuat hp android support otg

USB OTG atau USB On-The-Go merupakan salah satu spesifikasi yang ada pada setiap smartphone. Spesifikasi ini berfungsi untuk keperluan menyambungkan smartphone dengan perangkat atau device lainnya seperti media penyimpanan flashdisk dan hardisk atau perangkat keras seperti mouse, keyboard dan lainnya.

Nantinya kita bisa melakukan beberapa hal seperti transfer, merubah, menghapus file. Buat yang hobi main game di smartphone, bisa menggunakan OTG untuk menggunakan game control seperti gamepad.

Penggunaan OTG juga cukup mudah, anda hanya perlu memiliki kabel OTG, Aplikasi File Manager dan yang paling penting smartphone yang anda gunakan haruslah support OTG.

Tidak semua smartphone android support untuk menggunakan kabel USB OTG apalagi smartphone yang termasuk keluaran lama. Lalu bagaimana jika smartphone yang anda gunakan tidak support OTG namun ingin tetap menggunaakannya? tenang saja, anda bisa ikuti tutorial dibawah ini.

Keuntungan USB OTG di Android

Sebelum masuk ke tutorialnya anda harus tahu beberapa beberapa keuntungan yang bisa anda dapat ketika smartphone anda support dengan kabel USB OTG diantaranya adalah :

  1. Anda bisa melakukan managemen file dari flashdisk/hardisk seperti menghapus, mengedit, mentranfser dan lainnya melalui smartphone anda tanpa menggunakan PC.
  2. Bisa melakukan control pada kamera DSLR yang disambungkan langsung ke smartphone atau membaca data memori pada kamera DSLR kalian.
  3. Bisa menggunakan beberapa perangkat keras dari PC seperti mouse, keyboard, joystick dan lainnya.

Cara Cek HP Support OTG

Jika anda belum tau apakah smartphone yang anda gunakan support USB OTG atau tidak anda bisa melakukan beberapa untuk cek, salah satunya dengan cara berikut ini.

cara membuat android support otg
  1. Buka Play Store dan cari aplikasi USB OTG Checker.
  2. Silahkan install aplikasi tersebut dan buka.
  3. Ada beberapa menu yang ditampilkan silahkan pilih Check Device OS on USB OTG dan selanjutnya anda bisa memilih menu Check.
  4. Tunggu beberapa saat hingga proses dan nantinya anda bisa melihat apakah smartphone anda support untuk menggunakan kabel USB OTG.

Cara Membuat HP Android Support OTG Tanpa Root

android support otg tanpa root

Sebelum melakukan tutorial ini anda harus memiliki sebuah kabel OTG, biasanya dijual di konter hp dan harganya juga kurang lebih sekitar 50 ribu. Selanjutnya pada smartphone anda harus memiliki aplikasi File manager, bisa cari di playstore atau menggunakan ES File Explorer.

  1. Pertama silahkan sambungkan kabel OTG dengan flashdisk.
  2. Selanjutny sambungkan kabel OTG tadi ke smartphone anda.
  3. Jika sudah termasuk akan muncul notifikasi USB Storage Connected, jika belum muncul coba lepas dan pasang kembali, kemungkinan kabel tersebut longgar.
  4. Buka Aplikasi File manager yang sudah anda install atau ES File manager. Selanjutnya masuk ke menu Local dan pilih pada USB Drive A untuk melihat semua isi dari flashdisk tadi.
  5. Jika misalnya notifikasi Flashdisk tidak terdeteksi muncul pada status bar smartphone anda berarti tidak support dan membutuhkan aplikasi tambahan.
  6. Untuk aplikasi tambahannya anda bisa menggunakan StickMount, silahkan install aplikasi tersebut dari Play Store.
  7. Buka Aplikasi StickMount dan pilih Mount.
  8. Ikuti instruksi hingga selesai.

Selanjutnya anda sudah bisa menggunakan kabel USB OTG pada smartphone untuk keperluan seperti menyambungkan smartphone dengan USB atau menggunakan perangkat lunak seperti keyboard, gamepad atau Mouse.

Baca: Cara Melihat File dan Foler Tersembunyi di Android

Akhir Kata

Itulah cara supaya Smartphone android anda support untuk menggunakan kabel USB OTG dan anda bisa melakukan cara diatas tanpa melakukan root pada smartphone, karena untuk melakukan root terbilang cukup susah dan beresioko, jadi gunakan alternatif diatas supaya aman.