Cara Memperbaiki MicroSD Yang Tidak Terbaca di Hp dan Komputer

2 min read

Cara Memperbaiki MicroSD Yang Tidak Terbaca – Microsd sering sekali digunakan pengguna hp untuk menbahkan memori internal pada hp mereka.

Apalagi digunakan untuk hp yang hanya menyediakan memori internal dalam jumlah kecil atau sedikit. Ada banyak merk dari microsd, termasuk jumlah kapasitas yang berbeda juga.

Selama menggunakan microsd, ada beberapa masalah yang sering terjadi, salah satu masalah yang umum yaitu microsd yang tidak terbaca di hp dan komputer. Akibatnya jika microsd dipasang ke hp, maka tidak bisa digunakan dan tidak ada data yang terbaca.

Namun anda tidak perlu khawatir, untuk memperbaikinya silahkan simak cara memperbaiki microsd yang tidak terbaca di hp dan komputer berikut ini.

Cara Mudah Perbaiki MiroSD Yang Tidak Terbaca

Cara Memperbaiki MicroSD Yang Tidak Terbaca

Biasanya kerusakan yang menyebabkan kartu sd tidak berbaca, mau itu di pc atau hp bisa disebabkan karena banyak hal, mulai dari lecet pada bagian tembaga microsd, terkena virus dan lainnya.

Untuk memperbaikinya, bisa melalui microsd tersebut atau melakukan format dan error checing pada microsd tersebut.

Bersihkan microsd

Microsd atau kartu sd salah satu perangkat yang kecil dan rentan sekali rusak, terutama pada bagian kuningan atau tembaga bagian atas microsd tersebut. Bagian tembaga pada microsd sangatlah sensitf dari gesekan atau terkena cairan.

Untuk memperbaikinya, anda bisa mencoba melepaskan microsd tersebut dari hp, lalu bersihkan perlahan dan hati-hati pada bagian kuningan atau tembaga microsd tersebut.

Gunakan media pembersih yang bersifat lembut dan halus, misalnya kapas atau tisu. Jangan terlalu ditekan saat membersihkannya.

Bersihkan slot memori

Slot memori pada hp anda bisa saja menjadi penyebab microsd tersebut tidak terbaca di pc atau komputer. Biasanya masalahanya adalah kotor yang disebabkan oleh debu atau kotoran lainnya. Solusinya tentunya membersihkannya.

Untuk cara pembersihannya sama dengan membersihkan microsd diatas, harus dilakukan secara berhati-hati dan perlahan. Gunakan kain atau alat pembersih yang lembut dan halus, seperti kapas atau tisu.

Format ulang melalui PC atau laptop

Walaupun data yang ada di microsd saat disambungkan tidak terbaca, namun biasanya drive dari microsd tersebut akan tampil di folder pc atau laptop anda. Untuk memperbaikinya coba dengan melakukan format ulang pada microsd tersebut.

Namun yang menjadi konsekuensinya adalah semua data anda akan hilang dan tidak dapat dikembalikan.

Atau jika microsd tersebut terbaca di pc atau laptop, namun tidak terbaca di hp anda. Maka anda bisa melakukan backup terlebih dahulu di pc atau laptop, lalu format kartu sd tersebut.

Check error di pc atau laptop

Jika telah melakukan beberapa cara diatas dan kartu sd atau microsd anda sudah terbaca, anda harus melakukan check error terlebih dahulu di pc atau laptop. Cara ini dilakukan untuk mengecek error apa yang menyebabkan microsd tersebut tidak terbaca di hp atau komputer.

Caranya cukup mudah, silahkan sambungkan kartu sd atau microsd ke komputer atau laptop dengan menggunakan card reader, lalu masuk ke windows explorer dan pada bagian drive memori tersebut klik kanan, lalu pilih opsi propertis.

Selajutnya masuk ke tab tools dan pada bagian error checking tekan tombol check dengan icon perisai, lalu centang semua file dan klik tombol start.

Terakhir anda hanya perlu menunggu proses dan nantinya akan ada pesan kerusakan yang terjadi, silahkan ikuti instruksi yang diberikan untuk memperbaiki kerusakan tersebut.

Baca Juga:

Kesimpulan

Demikianlah cara memperbaiki microsd yang tidak terbaca di hp dan komputer. Karena perangkat microsd atau kartu sd tersebut termasuk benda yang kecil, maka sangat rentan sekali rusak.

Terutama pada bagian tembaga atau kuningan yang ada di microsd tersebut, hindari sentuhan, tekanan dan terkena cairan pada bagian tersebut.