Cara Mengaktifkan Macro di Excel

Posted on

Mengaktifkan Macro Excel | Microsoft excel merupakan aplikasi yang dibuat oleh microsoft untuk keperluan perkantoran. Umumnya ms excel digunakan untuk keperluan pendataan, mau itu berbentuk angka, text dan lainnya. Kebanyakan orang lebih memilih menggunakan ms excel dibandingkan dengan aplikasi pengolah data lainnya, alsaannya karena fitur dan tampilannya yang mudah digunakan.

Ada banyak fitur di ms excel yang akan mempermudah pekerjaan anda, seperti fitur formula, fitur macro dan lainnya. Fitur macro termasuk fitur yang jarang sekali digunakan tetapi sangat berguna sekali. Sebelum menggunakannya, anda harus mengaktifkan macro di excel tersebut.

Fitur macro merupakan serangkaian peritah yang sengaja dibuat untuk melakukan perintah secara berulang dan memudahkan pengguna tanpa harus menulis atau melakukan perintah tersebut secara manual. Untuk menggunakan macro tersebut anda hanya perlu menekan tombol yang telah disesuaikan saat membuat macro tersebut. Silahkan simak pembahasan tentang cara mengaktifkan macro di excel berikut ini.

Cara Mengaktifkan Macro di Excel

Untuk menggunakan fitur macro di excel, maka anda harus mengaktifkanya terlebih dahulu. Pengaktifan macro bisa dilakukan langsung melalui menu options dengan mengaktifkan pada bagian Enable all macros. Jika anda tertarik menggunakan fitur macro di Microsoft excel, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Pertama, anda harus membuka sebuah dokumen baru Microsoft excel
  2. Lalu tekan tab file pada bagian atas atau bisa dengan menekan tombol Alt+F
  3. Lanjut dengan menekan tombol Options pada bagian kiri bawah
  4. Nantinya akan terbuka jendela baru yaitu Excel Options, lanjut dengan menekan menu Trust Center yang berada di bagian kiri bawah
  5. Lalu tekan menu Trust Center Settings… yang terletak pada bagian Microsoft excel trust center
  6. Selanjutnya, tekan menu Macro Settings pada bagian sidebar kiri
  7. Pada bagian kiri ada beberapa opsi yang harus anda centang, yaitu Enable all macros dan Trust acces to the VBA project object model
  8. Jika keduanya sudah dicentang, lanjut lagi dengan menekan menu Trusted Locations pada bagian atas
  9. Silahkan klik tombol Add New Locations pada bagian bawah
  10. Nantinya akan terbuka sebuah jendela baru yaitu microsoft office trusted location, disini anda harus menentukan tempat macro tersebut disimpan saat dijalankan
  11. Silahkan centang pada bagian subfolders of this location are also trusted, lalu tekan tombol Browse… dan tentukan folder yang anda gunakan untuk macro tersebut
  12. Lalu tekan tombol OK
  13. Pada jendela microsoft office trusted location, silahkan simpan dan lajut dengan menekan tombol OK
  14. Selesai, sekarang macro tersebut telah anda aktifkan dan sudah bisa digunakan

Silahkan gunakan macro tersebut sesuai dengan kebutuhan anda. Tutorial diatas bisa anda gunakan di semua versi Microsoft excel, mulai dari Microsoft excel 2007, 2010, 2013 dan lainnya. Jika ada menu yang berbeda tinggal disesuaikan saja.

Solusi Macro di Excel Tidak Bisa Digunakan

Jika telah melakukan cara diatas, namun saat macro tersebut tidak bekerja, maka saat pertama sekali membuka dokumen atau jika anda melihat peringatan warna kuning pada bagian atas dokumen, silahkan klik tombol Aktifkan Konten.

Format Date Ms Excel Tidak Bisa Diubah? Berikut Cara Merubah Format Tanggal Excel

Demikianlah cara mengaktifkan macro di excel. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, dengan menggunakan fitur macro, maka akan mempermudah anda untuk melakukan perintah secara berulang hanya dengan menggunakan shortcut yang telah ditentukan sebelumnya.

Walaupun jarang digunakan, ternyata fitur macro di excel sangatlah berguna tertuama dalam penggunaan formula atau rumus yang dilakukan berulang.