Cara Mengatasi SD Card Tidak Bisa Diformat

Cara Mengatasi SD Card Tidak Bisa Diformat – SD card atau kartu memori merupakan perangkat tambahan penyimpanan yang digunakan di smartphone.

Biasanya SD Card digunakan saat smartphone tersebut memiliki ruang penyimpanan internal yang cukup kecil sehingga sering penuh.

Bentuk dari SD Card sendiri menyerupai kartu SIM, umumya smartphone terbaru sekarang sudah menyediakan slot SD Card. SD Card memiliki merk yang berbeda-beda, seperti SanDisk, samsung, lexar dan lainnya. Untuk ukuran SD Card tentunya bervariasi, mulai dari 2gb, 4gb sampai 64gb.

Ada beberapa masalah yang umum dan sering terjadi saat menggunakan sd card, biasanya masalah pada format SD card.

Saat mencoba format sd card melalui smartphone, maka akan muncul pesan error dan anda tidak dapat melakukan hal tersebut. Namun anda tidak perlu khawatir, berikut ini kami rangkum cara mengatasi sd card tidak bisa diformat.

Daftar Isi

Cara Memformat SD Card yang Tidak Bisa Diformat

Cara Mengatasi SD Card Tidak Bisa Diformat

Jika mengalami masalah saat melakukan format pada sd card di hp anda, ada beberapa cara yang bisa anda coba, seperti menggunaakan komputer atau laptop, menggunakan aplikasi pihak ke-3 dan beberapa cara lainnya.

Format SD Card di PC atau Laptop

Pertama, anda bisa menggunakan bantuan pc atau laptop. Untuk melakukan hal ini tentunya anda harus menyambungkan terlebih dahulu hp yang anda miliki dengan laptop atau pc.

Bisa menggunakan card reader atau kabel USB, yang terpenting memiliki laptop atau komputer memiliki access transfer file.

  1. Pertama, anda perlu memiliki penyambung antara hp/SD Card dengan komputer atau laptop, bisa menggunakan kabel usb, card reader atau adapter lainnya
  2. Lanjut, sambungkan keduanya menggunakan adapter yang anda gunakan, lalu anda perlu menunggu beberapa saat sampai pc atau laptop mendeteksi SD Card anda
  3.  Selanjutnya, buka folder atau File Explore di komputer atau laptop, lalu masuk ke my computer
  4. Nantinya pada my computer anda akan melihat drive baru yang merupakan SD Card yang anda miliki
  5. Klik kanan pada drive SD Card anda lalu pilih format
  6. Terakhir anda hanya perlu menunggu proses format selesai, lamanya proses format tergantung banyaknya file di SD Card anda
  7. Jika sudah berhasil, maka anda sudah bisa menggunakan SD Card atau memori tersebut

Scan Virus atau Malware

Biasanya proses format yang gagal di SD Card, bisa saja disebabkan oleh virus atau malware. Anda tidak akan memiliki akses untuk melakukan format kartu memori secara langsung. Maka dari itu perlu melakukan scanning virus atau malware menggunakan antivirus.

Cara ini bisa anda lakukan juga dengan menggunakan komputer atau laptop, gunakan antivirus yang ada di pc atau laptop anda, lalu lakukan scaning khusus ke drive sd card.

Namun saya lebih menyarankan menggunakan antivirus di smartphone, karena biasanya antivirus tersebut telah disesuikan dengan virus yang biasanya terdapat di smartphone android.

Menggunakan aplikasi

Anda bisa menggunakan aplikasi tambahan yang dikhususkan untuk melakukan format pada SD Card. Aplikasi yang bisa anda gunakan adalah Erase SD Card apk.

Namun untuk menggunakan aplikasi ini, smartphone yang anda miliki harus sudah di root. Pengunaanya cukup mudah, buka saja aplikasinya lalu tekan menu format, tunggu proses hingga selesai.

 Masalah tidak bisa memformat SD Card biasanya dikarenakan virus atau malware yang membuat anda tidak memiliki akses dalam melakukan hal tersebut.

Jika cara format melalui komputer tidak berhasil, maka coba lakukan scanning SD Card tersebut menggunakan antivirus.

Baca Juga:

Selain itu aplikasi Erase SD Card apk bisa membantu anda untuk cara mengatasi sd card tidak bisa diformat, namun smartphone yang anda gunakan harus sudah di root.