Tips & Trik Xiaomi

Cara Menghapus Serbaneka / Misc Xiaomi

cara menghapus file serbaneka misc xiaomi

Setiap smartphone memiliki size memori yang berbeda-beda, biasanya secara otoamtis memori tersebut akan digunakan dalam jumlah besar untuk kepentingan aplikasi sistem.

Jadi tidak usah kaget jika anda membeli hp dengan memori internal tinggi namun saat di check sebagian besar sudah digunakan untuk keperluan sistem.

Namun ada hal lainnya yang perlu anda perhatikan terkait dengan penuhnya memori tersebut, bisa saja itu tidak sepenuhnya adalah aplikasi sistem melainkan file sampah yang tidak digunakan.

Misalnya saja smartphone xiaomi, walaupun smartphone dengan jenis Xiaomi terkenal dengan memori internalnya yang sangat besar namun ada file sampah juga yang besar yang bisa memenuhi memori yaitu Serbaneka atau miscellaneous.

File-file ini biasanya tidak berbentuk aplikasi melainkan obb atau data dari sebuah aplikasi atau game. Tentu saja hal ini akan membuat penyimpanan memori akan cepat habis dan menghambat kinerja dari hp tersebut.

Tapi anehnya tidak ada menu atau fitur khusus untuk menghapus file sampah tersebut. Lalu bagaimana menghapus serbaneka/Misc tersebut?

Cara Menghapus Serbaneka / Misc Xiaomi

Hapus Serbaneka Xiaomi Tanpa Aplikasi

Jika anda pengguna xiaomi untuk menghapus Serbaneka/Misc dari smartphone anda bisa menggunakan fitur pembersih bawaan dari xiaomi, fitur ini akan melakukan pengecekan pada file yang paling dalam dan menghapus semua file yang dianggap tidak berguna. Silahkan ikuti tutorial berikut ini.

  1. Pertama silahkan buka aplikasi Security atau keamanan pada smartphone xiaomi anda. aplikasi ini adalah aplikasi bawaan, jadi sudah terinstal secara otomatis.
  2. Selanjutnya pilih menu Cleaner atau Pembersih.
  3. Tunggu hingga proses pembersihan selesai. Proses ini hanya akan menghapus sampah yang ringan saja, buka termasuk Serbaneka atau Misc.
  4. Jika sudah selesai anda akan melihat menu lanjutan yaitu Pembersih Lanjutan atau Deep Clean.
  5. Anda bisa memilih file-file besar untuk dihapus. Cari file yang memiliki ukuran besar dan jenisnya tidak menentu atau tidak diketahui. Selanjutnya bershikan. Anda juga bisa menghapus
    beberapa foto duplikat untuk menambah size memori anda.
  6. Jika sudah selesai, anda bisa cek memori yang anda gunakan. apakah file masih ada size yang terlalu besar atau tidak.

Hapus Serbaneka / Misc Xiaomi Dengan Aplikasi EZ File Explorer

ES File Explorer merupakan aplikasi yang mirip dengan file manager pada smartphone anda, namun ada beberapa fitur yang sangat berguna, seperti fitur pembersih untuk file-file sampah yang ada pada memori hp.

  1. Pertama install EZ File Explorer di playstore.
  2. Jika sudah silahkan buka aplikasi EZ File Explorer.
  3. Selanjutnya tekan pada memori internal. Disini anda bisa melihat semua file yang ada pada memori internal anda.
  4. Pada bagian kanan atas silahkan tekan analze.
  5. Pada halaman selanjutnya akan ada beberapa pengelompokan file dan size yang tertera.
  6. Pilih salah satu dan tekan Detail.
  7. Lalu hapus semua. Pastikan file-file tersebut adalah file sampah atau tidak digunakan. Biasanya berupa file obb atau data dari aplikasi yang sudah di uninstall.
  8. Selanjutnya pilih file sampah dan tekan Bershikan sekarang.

Lakukan Factory Reset

Jika sudah menggunakan cara diatas namun saat melihat memori masih ada beberapa file yang memiliki size sangat besar dan menurut anda file tersebut termasuk file sampah atau tidak berguna. Cara terakhirnya adalah dengan melakukan Factory Reset.

Selain file sampah biasanya file tersebut berbentuk script dan virus jadi tidak bisa dihapus. Dengan melakukan Factory Reset anda mengembalikan semuanya seperti semula atau seperti dalam keadaan pabrik termasuk penghapusan file sampah tersebut.

Baca: Cara Menghapus Cache Xiaomi Agar File Sampa Hilang

Akhir Kata

Perlu anda ketahui biasanya file-file serbaneka / Misc berbentuk obb atau data dari aplikasi yang sudah dihapus, beberapa file yang gagal download atau install dan file-file atau foto yang duplikat. Jadi untuk menghilangkan file sampah tersebut anda bisa mengikuti cara-cara diatas.