Cara Menghilangkan Malware di HP

2 min read

Cara Menghilangkan Malware di HP – Malware merupakan salah satu masalah yang sangat sering dijumpai oleh pengguna smartphone. Malware akan membuat kinerja hp anda menjadi lebih lambat, selain itu data dan privasi di hp anda juga bisa dicuri.

Biasanya malware berbentuk aplikasi yang muncul tiba-tiba dan biasanya berasal dari aplikasi yang anda install dari luar play store.

Beberapa malware tidak bisa anda hapus dengan sangat mudah, maka dari itu harus dihapus menggunakan antivirus atau melalui safe mode, selain itu ada beberapa malware yang secara paksa mengaktifkan Hak Administrator.

Namun anda tidak perlu khawtir, berikut ini telah kami rangkum beberapa cara menghilangkan malware di hp.

Hapus Malware Dengan Antivirus Terbaik

Cara Menghilangkan Malware di HP

Cara pertama, merupakan cara umum dan wajib anda lakukan, yaitu dengan menggunakan Antivirus. Perhatikan antivirus digunakan, pastikan bahwa antivirus tersebut memiliki fitur penghapus dari berbagai jenis malware.

Walapun sebetulnya setiap smartphone sudah disediakan antivirus bawaan, namun kemampuan antivirus tersebut sangat terbatas.

Jadi disarankan menggunakan antivirus dari pihak ke-3 yang bisa di install melalui play store. Berikut rekomendasi antivirus terbaik untuk menghilangkan malware :

  1. 360 Security, aplikasi ini akan membantu anda untuk menghapus semua malware yang ada di hp anda, selain itu aplikasi ini juga akan mencegah malware yang masuk ke hp. 360 Security tersedia secara gratis di play store, aplikasi ini sudah di install lebih dari 100 juta pengguna. Selain digunakan sebagai antivirus 360 Security memiliki fitur lainnya, antara lain : Boost, Clean, dan Antivirus.
  2. Avast Mobile Security, mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan avast. Selain tersedia di dekstop ternyata Avast Security juga sudah tersedia untuk smartphone. Aplikasi ini mampu menghapus Malware dengan jenis terbaru . Selain itu aplikasi ini juga akan mencegah malware yang akan masuk ke hp anda dan memberikan notifikasi warning kepada anda.

Dari beberapa aplikasi antivirus diatas bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan aplikasi yang menurut anda paling bagus.

Selain antivirus diatas masih banyak lagi antivirus lainnya yang bagus, silahkan cari dan temukan fitur yang menurut anda sangat bagus untuk menghapus Malware.

Hapus Hak Administrator Aplikasi

Jika anda menemukan aplikasi yang mencurigakan, maka segera hapus aplikasi tersebut, bisa saja aplikasi tersebut merupakan malware.

Namun jika saat melakukan penghapusan atau uninstall aplikasi tersebut tidak bisa, maka bisa dipastikan aplikasi tersebut memiliki hak administrator yang diaktifkan secara paksa oleh malware tersebut.

Maka anda harus menghapus hak administrator dari aplikasi tersebut. Berikut tutorial menghapus hak administrator dari aplikasi :

  1. Pertama, masuk ke menu pengaturan atau settings
  2. Selanjutnya akses menu Device Administrator jika tidak ketemu, silahkan cari di bagian Security
  3. Pada bagian ini anda akan melihat Android Device Manager, silahkan hapus hak administrator pada aplikasi yang dan inginkan
  4. Setelah hak administrator sudah dihapus pada aplikasi yang ditentukan, maka coba hapus aplikasi tersebut
  5. Untuk memastikan bahwa aplikasi atau malware tersebut terhapus secara permanen, anda bisa melakukan restart.

Hapus malware melalui Safe Mode

Untuk menghapus aplikasi yang dicurigai sebagai malware anda bisa melakukannya melalui safe mode, cara ini dilakukan karena beberapa malware tidak bisa dihapus secara langsung. Berikut cara masuk ke safe mode :

  1. Pertama, pastikan bahwa hp tersebut sudah dalam keadaan mati
  2. Selanjutnya tekan tombol power + volume bawah secara bersamaan hingga hp tersebut hidup kembali
  3. Jika berhasil, maka secara otomatis anda akan masuk ke safe mode
  4. Selanjutnya, silahkan periksa aplikasi yang anda curigai sebagai malware, bisa melalui pengaturan lalu pilih aplikasi terinstall
  5. Jika sudah selesai menghapus aplikasi yang dicurigai sebgai malware, anda bisa keluar dari safe mode dengan cara restart hp tersebut

Hapus Malware Dengan Cara Reset HP

Jika beberapa cara diatas tidak bekerja atau tidak mampu menghapus malware, maka cara terakhir yaitu dengan mengembalikan hp tersebut ke keadaan semula atau setelan pabrik dengan cara melakukan reset.

Karena masih bisa diakses, maka proses reset bisa dilakukan langsung melalui menu pengaturan, berikut tutorialnya :

  1. Buka pengaturan atau settings
  2. Lalu pilih menu Backup dan Reset
  3. Selanjutnya anda bisa memilih menu Factory Reset atau Setelan pabrik, nantinya akan muncul notifikasi konfirmasi, silahkan tekan OK untuk melanjutkan
  4. Tunggu proses reset selesai, jika sudah maka hp akan restart secara otomatis dan semua malware sudah hilang.

Baca Juga:

Perlu diperhatikan, dalam melakukan reset hp untuk menghilang malware artinya anda akan menghapus semua data termasuk aplikasi.

Maka dari itu pastikan sebelum melakukan reset, backup terlebih dahulu data-data yang menurut anda penting. Demikianlah cara menghilangkan malware di hp. Cara diatas bisa anda coba hampir disemua merk smartphone.

Untuk mencegah malware sebaiknya gunakan antivirus yang telah kami rekomendasikan diatas, selain itu jangan install aplikasi dari luar play store atau yang kira-kira mencurigakan. Semoga bermanfaat.

SELAMAT DATANG
Selamat Membaca Artikel, Jaga Kesehatan Jangan Lupa Cuci Tangan, Kritik,Saran dan Kerja Sama Silahkan Hubungi Kami admin@tabloidtekno.com