Tips & Trik

Cara Menghilangkan Pop up Iklan di HP Android

cara menghilangkan pop up iklan di android

Umumnya anda akan melihat iklan di website atau aplikasi yang anda gunakan, namun bagaimana jika tiba-tiba muncul pop up iklan di layar smartphone anda, padahal tidak ada aplikasi yang sedang digunakan.

Jika tiba-tiba ada pop up iklan, bisa jadi hal tersebut adalah virus atau sebatas notifikasi dari suatu website. Hal seperti pop up iklan yang tiba-tiba muncul biasanya terjadi karena anda menginstall aplikasi dari luar play store dan aplikasi tersebut mengandung virus.

Selain itu pop up iklan tersebut bisa juga muncul karena notifikasi dari suatu website yang tidak sengaja anda izinkan atau allow. Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan, mulai dari scan virus, nonaktifkan notifikasi bahkan sampai melakukan factory reset.

Berikut ini kami rangkum cara menghilangkan pop up iklan di android yang wajib anda coba.

Cara Menghilangkan Pop up Iklan di HP Android

Pakai Antivirus

Pop up iklan yang muncul tiba-tiba biasanya disebakan karena virus. Virus tersebut biasanya berasal dari aplikasi yang anda download dari luar play store, sehingga anda tidak tau apakah aplikasi tersebut aman dan tentunya tidak terdeteksi oleh sistem google play protect.

Tentunya untuk mengatasi hal tersebut, anda bisa melakukan scan menggunakan antivirus. Untuk aplikasi antivirus sendiri sudah banyak tersedia di play store atau anda bisa menggunakan antivirus Dr.Web Security Space. Aplikasi ini akan membantu anda melindungi smartphone dari virus berbahayar, seperti Trojan ransomware.

Aktifkan Google Play Protect

Google Play Protect merupakan fitur keamana yang disediakan oleh google untuk keperluan menjaga aplikasi yang anda install di smartphone android. Setiap aplikasi yang anda install melalui play store dan saat proses pemasangan dimulai, maka google play store akan secara otomatis melakukan scan.

Cara kerjanya hampir sama dengan antivirus pada umumnya, namun dikhususkan untuk proses penginstall aplikasi dari play store.

Secara default fitur ini sudah otomatis aktif, namun jika di smartphone anda tidak aktif dan tidak pernah menggunakan ini, sebaiknya diaktifkan supaya aman dari virus.

  1. Pertama, buka aplikasi play store di smartphone anda
  2. Lalu klik icon garis tiga di bagian kiri atas
  3. Lanjut, pilih Play Protect
  4. Lalu aktifkan fitur Scan device for security threats dan Improve harmful app detection

Yuk Download Sekarang Juga! 5 Aplikasi Blokir Iklan di Android Paling Ampuh

Nonaktifkan Notifikasi Pop up Google Chrome

Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan browser google chrome, apalagi anda menggunakan android. Karena secara otomatis, browser chrome sudah terinstall di smartphone android. Biasanya dibeberapa website akan menanyakan anda untuk mengaktifkan atau allow notification dari website tersebut dan ini umum terjadi di google chrome.

Mungkin saja secara tidak sengaja anda memilih opsi allow atau menginzinkan pada permintaan notifikasi dari suatu browser, sehingga nantinya jika ada notifikasi dari website tersebut, akan muncul pop up secara tiba-tiba.

Untuk itu anda perlu menonaktifkannya dengan cara berikut ini.

  1. Pertama, buka aplikasi google chrome di smartphone anda
  2. Lalu masuk ke menu settings dengan menekan icon titk tiga dibagian kanan atas
  3. Lanjut pilih menu Site settings dan klik opsi Notifications
  4. Lalu nonaktifkan Notifications

Hapus Aplikasi Berbahaya

Jika anda merasa saat memasang suatu aplikasi di smartphone, lalu tiba-tiba sering muncul pop-up iklan, maka sebaiknya hapus aplikasi yang terakhir anda install tersebut.

Biasanya aplikasi yang sering memunculkan pop-up iklan, yaitu aplikasi yang berasal dari luar google play store.

Namun jika semua aplikasi yang anda install berasal di play store, anda bisa cek melalui play store aplikasi yang terakhir anda install, seperti berikut ini.

  1. Pertama, buka aplikasi play store di smartphone anda
  2. Tekan icon garis tiga dibagian atas kiri
  3. Lalu pilih My apps & games
  4. Selanjutnya, pilih tab Library
  5. Lalu pada bagian kiri, silahkan ganti ke Recent untuk mengurutkan aplikasi berdasarkan yang di pasang atau install terakhir
  6. Jika anda curiga dan menduga aplikasi tersebut yang menyebabkan adanya pop-up iklan, sebaiknya uninstall

Reset Smartphone

Cara terakhir yang sangat ampuh untuk menghapus pop up iklan di android, yaitu lakukan reset atau factory reset pada smartphone yang anda gunakan. Namun perlu anda perhatikan, proses ini akan menghapus semua data anda, termasuk aplikasi.

Jika ada data-data penting, seperti foto, video dan lainnya sebaiknya lakukan backup terlebih dahulu. Untuk melakukan reset atau factory reset, setiap smartphone memiliki cara yang berbeda-beda, namun yang umum dilakukan adalah seperti berikut ini.

  1. Pertama, masuk ke pengaturan atau settings
  2. Lalu masuk ke menu Backup & reset
  3. Lanjut pilih menu Factory data reset
  4. Selanjutnya, anda tinggal mengikuti instruksi yang diberikan hingga proses reset selesai

Dalam melakukan reset, pastikan bahwa smartphone yang anda miliki, memiliki baterai yang cukup banyak, sekitar 80%, jika perlu dalam keadaan penuh. Takutnya, saat proses reset terjadi dan tiba-tiba mati, maka akan mengakibatkan kerusakan, seperti bootloop atau stuck di logo.

Smartphone anda lebih cepat panas dan lemot? Begini Cara Mengatasi HP Android Lemot dan Panas

Akhir Kata

Beberapa cara menghilangkan pop up iklan di android diatas cukup ampuh untuk anda lakukan. Namun jika tidak bisa juga, cara terakhirnya yaitu melakukan reset pada smartphone android tersebut.