Cara Menyelamatkan Data Saat Layar Smartphone Pecah atau Mati

1 min read

Cara Menyelamatkan Data Saat Layar Smartphone Pecah atau Mati – Smartphone termasuk perangkat yang sangat sensifit, apalagi jika sudah menggunakan teknologi touch screen. Jika sudah terjadi kerusakan pada layar, maka touchscreen tersebut tidak bisa digunakan lagi.

Akibatnya, anda tidak bisa mengakses apapun di hp tersebut. Lebih parahnya lagi, jika hp tersebut anda gunakan untuk hal-hal penting, seperti pekerjaan, bisnis, sekolah dan lainnya yang biasanya anda gunakan untuk menyimpan data penting.

Lalu bagaimana cara menyelamatkan data saat layar smartphone pecah atau mati ? untuk solusinya anda bisa menggunakan fitur OTG yang memanfaatkan mouse pc sebagai alat pengendali atau pengganti dari touch screen.

Selain cara tersebut ada beberapa cara lainnya yang bisa anda coba, silahkan simak cara menyelamatkan data saat layar smartphone pecah atau mati berikut ini.

Cara Menyelamatkan Data Saat Layar Smartphone Pecah atau Mati

Cara Menyelamatkan Data Saat Layar Smartphone Pecah atau Mati

Kerusakan pada layar smartphone akan membuat anda tidak memiliki kendali atau tidak dapat mengoperasika smartphone tersebut. Namun anda tidak perlu khawatir, silahkan coba beberapa cara berikut ini untuk menyelamatkan data tersebut.

Cara Menyelamatkan Data Jika Layar HP Pecah

Jika hp yang anda miliki mengalami pecah pada bagian layar, maka anda tidak bisa mengoperasikan hp tersebut, termasuk mengambil data yang ada di hp tersebut. Lalu bagaimana caranya supaya data tersebut bisa diselamatkan atau dipindahkan.

Tentunya, jika layar hp pecah namun masih bisa hidup, anda bisa menggunakan bantuan OTG untuk mengoperasikan hp tersebut. OTG hanyalah alat yang digunakan untuk menyambungkan perangkat yang memiliki port USB, seperti moseu atau keyboard.

Jadi anda bisa menyambungkan OTG dengan mouse tersebut, lalu sambungkan ke hp androi tersebut. Dengan begitu anda bisa mengoperasikan hp tersebut dengan mouse yang sudah disambungkan dan anda bisa memindahkan data yang diperlukan.

Cara Menyelamatkan Data Jika Layar HP Mati

Namun, jika hp yang anda miliki layarnya sudah dalam keadaan mati. Maka anda bisa memanfaatkan aplikasi Virtual Network Computing (VNC).

Fungsi dari aplikasi ini yaitu menampilkan layar hp tersebut ke layar dekstop, seperti : laptop atau pc.

Namun, untuk menggunakannya kedua perangkat, yaitu hp dan pc atau laptop, haruslah terinstall aplikasi Virtual Network Computing (VNC).

Untuk mendapatkan aplikasi ini anda bisa langsung cek di play store untuk pengguna android dan untuk laptop atau pc anda bisa cari langsung di google, rata-rata aplikasi NVC tersedia dalam versi gratis dan sangat mudah digunakan.

Cara Menyelamatkan data Ke Service Center

Opsi terakhir, jika kedua cara diatas menurut anda sangat sudah dilakukan, maka anda harus membawa hp tersebut langsung ke service center. Biasanya pihak service center memiliki cara, alat atau aplikasi sendiri yang bisa menyelamatkan data dari hp tersebut.

Tentunya saat membawa ke service center, anda akan dikenakan biayar, jika memungkinkan dan terbilang murah, sebaiknya anda langsung memperbaiki layar yang rusak tersebut, dibanding hanya mengambil data-nya saja, walaupaun budget yang dikeluarkan akan cukup besar.

Untuk mengoptimalkan bugdet dan masalah keamanan data, disarankan untuk membawa ke service center resmi dari vendor hp tersebut, jika perlu manfaatkan garansi dari hp tersebut, yang kemungkinan besar tidak mengeluarkan biaya untuk proses perbaikan layar dari hp tersebut.

Kesimpulan

Demikianlah cara menyelamatkan data saat layar smartphone pecah atau mati. Jika data-data tersebut sangat penting, maka anda perlu melakukan beberapa cara diatas.

Namun jika masih gagal dengan cara diatas, maka cara terakhir yaitu membawanya ke service center, seperti yang sudah kami jelaskan diatas.