Oppo Tips & Trik

Cara Reset HP OPPO Lupa Pola, Password dan PIN

cara reset hp oppo

Lupa password, pola dan pin pada smartphone oppo sering sekali terjadi, hal ini akan menyebabkan anda tidak bisa melakukan banyak aktifitas pada hp anda. Termasuk juga dalam penggunaan aplikasi yang terbatas.

Tentunya hal tersebut sangatlah mengganggu, maka dari itu harus segera diperbaiki. Untuk memperbaikinya sendiri banyak cara yang bisa anda coba, salah satunya dengan melakukan reset. Reset yang dilakukan akan mengembalikan kondisi hp seperti baru atau seperti settingan pabrik.

Jika anda pengguna smartphone OPPO dan ingin melakukan reset, bisa membaca cara reset hp oppo berikut ini.

Cara Reset HP OPPO Yang Lupa Pola, Password dan PIN

Untuk melakukan reset pada smartphone OPPO ada dua metode yang bisa digunakan, yaitu : Factory Reset dan hard reset. Keduanya sama-sama melakukan reset dan akan menghapus data anda saat proses reset dilakukan.

Untuk melakukan reset pada hp OPPO silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :

Factory Reset HP OPPO

Pilihan pertama untuk melakukan reset pada smartphone OPPO adalah Factory Reset. Jika diterjemahkan dalam bahasa indonesia, arti dari Factory Reset adalah Reset pabrik. Bisa disimpulkan bahwa Factory Reset akan mengembalikan settingan awal atau settingan pabrik.

Berikut Cara Factory Reset di HP OPPO :

  1. Pertama, pastikan smartphone OPPO anda dalam keadaan aktif dan tidak terkunci
  2. Selanjutnya masuk ke menu settings atau pengaturan
  3. Pada halaman settings anda bisa menemukan menu Backup and Reset, silahkan tap menu tersebut. biasanya menu tersebut berada di bagian bawah
  4. Selanjutnya, dihalaman Backup and Reset silahkan tap menu Reset Phone
  5. Untuk memulai proses reset pada OPPO, silahkan tekan Erase Everything dan jika ada muncul dialog konfirmasi tekan Yes
  6. Secara otomatis hp anda akan restart dan akan melakukan proses reset. Silahkan tunggu sampai selesai.

Setelah proses Factory Reset selesai, hp anda akan kembali hidup dan semua akan kembali seperti settingan pabrik, semua aplikasi dan datang akan hilang dan smartphone akan terasa lebih ringan dan fresh.

Hard Reset HP OPPO

Opsi kedua untuk reset HP oppo bisa menggunakan metode Hard Reset. Bedanya dengan Factory reset, metode ini dilakukan jika hp yang anda miliki tidak bisa mengakses menu pada layar smartphone, seperti : bootlop, terkunci dan error lainnya.

  1. Pertama, silahkan matikan handphone anda dengan cara menekan tombol Power yang ada disisi hp
  2.  Jika hp sudah dalam keadaan mati, sekarang silahkan hidupkan kembali dengan cara tekan tombol Volume Bawah + Power secara bersamaan dan lama sampai hp hidup kembali
  3. Secara otomatis anda akan masuk ke Mode Recovery. Secara default bahasa yang digunakan pada Mode Recovery adalah bahasa inggris.
  4. Untuk mengarahkan atau sebagai tombol navigasi untuk pindah ke menu lain bisa menggunakan tombol volume, sedangkan untuk konfirmasi menggunakan tombol power
  5. Selanjutnya, silahkan pilih menu Wipe Data and Cache
  6. Lanjut pilih Wipe Data and Cache, selajutnya konfirmasi dengan menekan tombol Yes
  7. Selanjutnya pilih menu Reboot
  8. Tunggu saja proses Reboot selesai dan hp akan kembali hidup setelah dilakukan reset.

Jika anda bertanya, kenapa harus ada dua metode dan apa perbedaan dari metode Factory reset dan Hard reset ? sebetulnya kedua metode tersebut sama saja, yaitu untuk melakukan Reset.

Namun yang membedakan, factory reset digunakan jika anda masih bisa mengakses menu-menu pada layar smartphone, sedangkan hard reset digunakan jika tidak bisa mengakses menu di layar hp karena error seperti botloop dan lainnya.

Ingin tampilan layar lebih menarik? yuk ikuti Cara Ganti Font Berwarna di HP OPPO

Penutup

Itulah cara reset hp oppo untuk semua tipe atau model. Dalam melakukan reset hp oppo anda akan kehilangan semua data, jadi pastikan sebelum melakukan reset backup terlebih dahulu data-data yang diperlukan.