4 Cara Mengatasi Microsoft Excel Yang Tidak Bisa di Save

1 min read

Excel Tidak Bisa DIsimpan / Save | Pengunaan microsoft excel sudah sangat lumrah digunakan untuk kepentingan mengelolah angka, terutama angka tersebut dalam jumlah besar.

Walaupun masih banyak aplikasi pengolah angka yang lain, namun kebanyakan orang memilih menggunakan microsoft excel karena memiliki banyak keunggulan. Namun, sama seperti aplikasi lainnya, Microsoft excel juga sering mengalami masalah.

Ada banyak masalah yang sering muncul saat anda menggunakan microsoft excel, salah satunya file excel yang tidak bisa di save.

Masalah ini bisa disebabkan karena banyak hal, mulai dari user yang tidak memiliki hak akses admin, kerusakan pada microsoft office, perubahan format bahasa dan lainnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, silahkan simak cara memperbaiki file excel yang tidak bisa di save yang telah kami rangkum berikut ini.

4 Cara Mengatasi Microsoft Excel Tidak Bisa Di Save

Save di Driver lain

Saat ingin menyimpan file excel tersebut, coba simpan di driver yang berbeda.

Biasanya jika anda ingin menyimpan file excel tersebut di driver C atau drive utama haruslah dilakukan dengan menggunakan user yang memiliki akses administrator. Maka dari itu gunakan drive sebagai media penyimpanan.

Ubah Format Bahasa

Masalah tidak bisa save di ms excel bisa saja disebakan karena adanya perubahan yang terjadi pada format bahsa.

Hal ini bisa terjadi karena anda kesengajaan atau ketidaksengajaan dalam mengubah format tanggal tersebut, maka dari itu anda harus memperbaikinya dan mengembalikannya ke format default.

  1. Pertama, pastikan anda sudah membuka file ms excel tersebut
  2. Lalu pada bagian menu, silahkan tekan menu file dan pilih menu options pada bagian paling bawah
  3. Selanjutnya, tekan tab Languange pada bagian kiri
  4. Pada bagian Choose Editing languanges, silahkan ubah bahasa English (U.S) menjadi default atau bisa dengan menekan tombol set as default pada bagian kanan
  5. Lalu klik tombol OK pada bagian bawah

Repair Microsoft Office

Gagal saat melakukan save di ms excel, bisa saja disebabkan karena kerusakan pada microsoft office yang sedang anda gunakan. Jadi lakukan repair menggunakan fitur bawaan dari microsoft office, seperti berikut ini.

  1. Pertama, silahkan buka control panel, anda bisa menggunakan fitur pencarian pada bagian start atau taskbar lalu ketik control panel
  2. Lalu pilih menu Programs and Features
  3. Pada bagian ini anda akan melihat semua software yang terinstall, silahkan cari Microsoft Office
  4. Lalu pada microsoft office tersebut, silahkan klik kanan lalu pilih opsi Change
  5. Lalu klik pada bagian menu repair dan klik tombol OK
  6. Terakhir, anda hanya perlu menunggu proses repair selesai

Ubah Permission Drive

Umumnya untuk semua perubahan yang akan dilakukan di windows, termasuk melakukan save di ms excel hanya bisa dilakukan oleh user yang memiliki akses administrator atau admin. Namun, anda tetap bisa menggubah akses user tersebut menjadi admin dengan cara berikut ini.

  1. Pertama, pastikan di drive mana anda ingin menyimpan file ms excel tersebut, bisa driver C, D dan lainnya
  2. Lalu klik kanan drive tersebut dan pilih opsi Properties pada bagian bawah
  3. Lanjut dengan menekan tab security
  4. Selanjutnya, tekan tombol Edit yang memiliki icon perisai tersebut
  5. Jika user lebih dari 1, silahkan pilih user yang sedang anda gunakan, lalu pada bagian full control silahkan centang allow
  6. Lalu simpan perubahan dengan menekan tombol Apply dan OK

Akhir Kata

Demikianlah beberapa cara yang bisa anda coba untuk memperbaiki file excel yang tidak bisa di save. Cara tersebut bisa anda coba di hampir semua versi, mulai dari microsoft excel 2003, 2007, 2010 dan lainnya.