Cara Mengatasi Flashdisk Terbaca Tapi Tidak Bisa Dibuka

Posted on

Cara Mengatasi Flashdisk Terbaca Tapi Tidak Bisa Dibuka – Walaupun banyak digunakan orang sebagai perangkat penyimpanan, Flashdisk sering sekali bermasalah.

Hal ini tentunya akan sangat mengganggu dan menghambat aktifitas anda dalam menggunakan flashdisk tersebut. Apalagi data dan file di flashdisk tersebut termasuk penting.

Hal tersebut biasanya terjadi dibeberapa flashdisk yang sering digunakan secara sembarangan, seperti menghubungkan flashdisk ke perangkat yang tidak ada antivirus.

Port usb perangkat yang bermasalah, flashdisk dipenuhi virus dan lainnya. Sehingga flashdisk yang bermasalah tersebut akan tetap terbaca namun tidak bisa dibuka.

Untuk mengatasi masalah tersebut ada beberapa cara yang bis anda coba, supaya flashdisk tersebut bisa dibuka kembali. Salah satu opsi yang cukup ampuh yaitu dengan melakukan format, namun jika tidak bisa juga.

Anda membaca cara mengatasi flashdisk terbaca tapi tidak bisa dibuka yang telah kami rangkum berikut ini.

Perbaiki Drive Flashdisk

Flashdisk Terbaca Tapi Tidak Bisa Dibuka

Beberapa flashdisk yang tidak bisa dibuka walaupun terbaca di my computer bisa saja disebakan karena drive dari flashdisk yang tidak ada, tidak update atau rusak. Untuk solusinya bisa dilakukan langsung melalui Device Manager, seperti berikut ini.

  1. Pertama, silahkan hubungka flashdisk ke komputer atau laptop anda, tunggu hingga ada notifikasi bahwa flashdisk terdeteksi
  2. Tekan menu start, lalu pilih control panel atau jika tidak ketemu, tekan tombol keyboard windows + r lalu ketik control dan enter
  3. Lalu pilih device manager, jika tidak ketemu klik hardware and sound lalu pilih Device Manager
  4. Pada bagian device manager, silahkan klik menu action dan pilih Add legacy hardware
  5. Lanjut dengan menekan Next dan pilih Search for and install hardware automatically
  6. Nantinya jika flashdisk berhasil di scan, maka akan muncul menu Autorun dan Removable Hardware dan secara otomatis akan tersedia drive baru pada my computer atau this pc anda
  7. Jika beberapa hal sebelumnya telah terlihat, maka anda tidak perlu melanjutkan, hanya perlu membuka flashdisk secara langsung, namun jika tidak muncul dan flashdisk belum bisa dibuka, lakukan cara selanjutnya
  8. Jika flashdisk masih belum bisa dibuka, lakukan cara diatas kembali, namun pada langkah nomor empat, pilih action dan pilih Install the hardware that I manually select from a list
  9. Lalu tambahkan beberapa hardware yang berhubungan dengan flashdisk, seperti USB Controller atau Storage

Format Flashdisk

Jika anda menggunakan flashdisk, pasti sudah tau bagaimana cara format flashdisk yang benar, yaitu dengna klik kanan pad drive flash disk lalu pilih format.

Namun hal ini tidak bisa anda lakukan dengan mudah di flashdisk yang terbaca tapi tidak bisa dibuka.

Nantinya saat mencoba untuk melakukan format ada beberap pesan error yang keluar, seperti the disk write protected atau access denied. Untuk mengatasinya, silahkan format flashdisk dengan cara berikut ini.

  1. Pertama, buka folder atau windows explorer di komputer atau laptop anda
  2. Selanjutnya, klik kanan pada bagian Drive Removable atau pada drive flash disk anda
  3. Lalu pilih properties
  4. Selanjutnya, pada jendela propertis, silahkan pilih tab tools
  5. Pada bagian Error-Cheking, silahkan klik menu Check now
  6. Nantinya akan muncul jendela format, disini anda harus mencentang pada bagian Quick Format lalu tekan start
  7. Namun jika gagal, silahkan ganti file system menjadi NTFS dan centang quick format
  8. Lalu start format

Melakukan Format pada sebuah flashdisk akan membuat semua data dan file di flashdisk terhapus secara permanen, jadi pikirkan terlebih dahulu dalam melakukan hal ini.

Format Menggunakan Computer Management

Salah satu cara memperbaiki flashdisk yang terbaca, tetapi tidak bisa dibuka, yaitu melakukan format. Namun sama seperti penjelasan sebelumnya.

Akan ada beberapa pesan error muncul dan anda tidak akan bisa melakukan format. Nah untuk memperbaiki hal tersebut anda bisa memperbaikinya melalui computer management, lalu lakukan format seperti biasa.

  1. Pertama, pastikan usb sudah terhubung ke komputer atau laptop
  2. Lanjut buka menu run, caranya tekan tombol keyboard windows + r
  3. Pada jendela run, silahkan ketik compmgmt.msc dan enter
  4. Pada Computer Management, pilih storage dan pilih disk management
  5. Anda hanya perlu klik kanan pada drive flashdisk yang tidak bisa dibuka tadi, lalu pilih Create partition
  6. Selanjutnya, lakukan format flashdisk seperti biasanya, klik kanan drive flashdisk di this pc atau my computer lalu pilih format dan start.

Baca Juga:

Demikianlah cara mengatasi flashdisk terbaca tapi tidak bisa dibuka. Umumnya masalah flashdisk terbaca atau terdeteksi tetapi tidak bisa dibuka, bisa diperbaiki dengan cara di format, namun dibeberapa kasus.

Untuk melakukan format pada flashdisk yang bermasalah tidak semudah biasanya. Jadi lakukan beberapa cara diatas untuk mempermudah anda dalam melakukan format flashdisk.

Ingin berbagi informasi melalui media online yang bisa diakses oleh semua kalangan.