Cara Mengatasi Hp Tidak Bisa di Charger Dalam Keadaan Mati

Posted on

Cara Mengatasi Hp Tidak Bisa di Charger Dalam Keadaan Mati – Baterai dan charger pada hp merupakan komponen yang paling sering mengalami masalah dan kerusakan.

Apalagi hp tersebut sudah digunakan dalam waktu yang sangat lama. Charger yang rusak umumnya disebabkan oleh pengguna itu sendiri, mulai dari penguaan perangkat charger dalam waktu lama, charger yang sering jatuh dan lainnya.

Jika charger yang anda miliki rusak, maka hp tidak bisa mengisi daya. Selain kerusakan perangkat charger ada banyak hal lainnya yang menyebabkan hp yang anda miliki tidak bisa di charger.

Berikut ini kami bahas penyebab dan solusi untuk mengatasi hp tidak bisa di chager dalam keadaan mati.

Restart HP

Hp Tidak Bisa di Charger Dalam Keadaan Mati

Dengan melakukan restart pada hp atau smartphone yang anda gunakan, akan membantu mengembalikan kinerja hp. lalu bagaimana jika hp tersebut dalam keadaan mati?

Anda bisa menghidupkan kembali hp tersebut, lakukan restart. Lalu matikan kembali dan colokkan kembali ke charger.

Matikan dan Jangan Gunakan Hp

Peyebab hp anda tidak bisa dicharger bisa saja karena terlalu panas dan terlalu lama digunakan. Tentunya hal tersebut akan menyebabkan kerusakan dan kinerja hp anda menjadi kurang baik.

Jadi biarkan hp dalam keadaan mati lalu jangan digunakan lagi dalam beberapa saat, hingga kira-kira hp tersebut sudah mulai dingin.

Jika hp yang anda miliki menggunakan baterai yang bisa dilepas, maka lepaskan baterainya dan pisahkan baterai tersebut dengan hp dalam beberapa saat.

Periksa Kondisi Baterai

Jika anda mengalami masalah dalam melakukan charger, bisa saja masalahnya terjadi terhadap baterai yang anda gunakan. Jika baterai dari hp tersebut bisa dilepas, coba cek apakah masih layak digunakan atau sudah rusak seperti mengalami gembung.

Namun jika hp anda menggunakan baterai tanam, perhatikan pada kondisi fisik hp, jika gembung pada area depan atau belakang layar, mungkin saja hal tersebut akibat dari baterai yang sudah rusak. Tentunya untuk mengatasi hal ini, anda harus mengganti baterai tersebut ke yang baru.

Periksa Kondisi Chager

Hp yang tidak bisa di charger atau daya yang tidak terisi bisa disebabkan karena kondisi charger yang rusak. Namun untuk memastikan, apakah charger tersebut rusak, anda bisa mencoba charger tersebut ke hp yang lainnya.

Solusi untuk mengatasi hal tersebut, tentunya dengan menganti charger ke yang baru atau bisa menggunakan charger dari hp lain.

Namun perlu anda perhatikan juga besar arus atau ampere dari charger tersebut, pastikan sama dengan charger sebelumnya, jika tidak akan memunculkan masalah baru seperti baterai yang lama penuh.

Periksa Kondisi Port USB

Jika telah melakukan pemeriksaan pada kondisi chager, namun charger tersebut dalam keadaan baik, maka anda harus memeriksa kondisi port usb yang ada di smartphone anda.

Bisa saja daya dari charger tersebut tidak masuk disebabkan oleh port usb anda yang sudah rusak.  Hal ini biasanya disebabkan karena anda terlalu menekan dan memasukkan paksa kabel ke port usb di smartphone anda.

Selain itu masalah pada port usb bisa juga disebabkan oleh debu atau kotoran yang masuk.

Tentunya untuk mengatasi hal tersebut, anda harus membersihkan port usb dengan bahan atau alat yang lembut, jika sudah bersih coba colokkan dengan kabel dengan perlahan dan hati-hati.

Namun jika sudah dibersihkan tetap masih tidak bisa charger, maka bisa dipastikan bahwa port usb tersebut rusak, sebaiknya bawa ke konter atau tempat service untuk diperbaiki.

Periksa Sumber Daya

Perhatikan sumber daya yang anda gunakan saat melakukan charger. Sumber daya yang kurang kompetibel dan memberikan arus yang cukup kecil kurang baik untuk digunakan mengisi daya pada hp.

Hindari melakukan chager pada laptop atau pc. Anda bisa langsung menyambungkan charger tersebut ke sumber listrik yang biasa digunakan untuk charging.

Baca Juga:

Demikianlah cara mengatasi hp tidak bisa di charger dalam keadaan mati. Permasalahan seperti ini, umumnya disebabkan oleh perangkat charger yang anda gunakan, sebaiknya gunakan perangkat charger yang satu merk dan memilih teganggan yang sama. Semoga bermanfaat.

Ingin berbagi informasi melalui media online yang bisa diakses oleh semua kalangan.