Tips & Trik

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

Banyak orang lebih memilih laptop dibandingkan menggunakan komputer pribadi atau pc. Umumnya karena lebih mudah dibawa kemana-mana dan lebih mudah digunakan. Sampai sekarang sudah banyak merk laptop yang tersedia, seperti : asus, hp, lenovo, acer dan lainnya.

Walaupun menjadi pilihan banyak orang, laptop juga sering mengalami beberapa masalah, salah satu seperti laptop tidak bisa nyala tetapi lampu powernya hidup. Hal tersebut bisa disebabkan karena beberapa masalah dan umumnya karena kerusakan pada perangkat keras pada laptop.

Anda tidak perlu khawatir akan hal tersebut, berikut ini kami bahas cara mengatasi laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup yang wajib anda coba untuk memperbaiki laptop tersebut.

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

Check Baterai Laptop

laptop tidak bisa hidup

Jangan terlalu panik dalam mengahadapi hal-hal seperti ini, bisa saja masalah tersebut terjadi karena hal kecil seperti baterai atau daya laptop yang sudah kosong alias habis. Biasanya hal ini terjadi saat laptop masih menyala dan anda tidak meyadari bahwa baterai laptop tersebut akan habis. Jadi saat mati tiba-tiba, layar laptop anda akan ikutan mati, tetapi lampu power akan tetap hidup dan kadang juga berubah warna ke merah.

Tentunya untuk mengatasi hal ini, sambungkan laptop anda dengan charger. Jika memang laptop dalam keadaan hidup dan digunakan untuk melakukan suatu hal, pastikan juga charger selalu tersambung, biasanya jika anda melakukan hal atau tugas berat di laptop, maka akan cepat menguras baterai dari laptop tersebut.

Kerusakan Pada HDD

laptop tidak bisa nyala

Beberapa dari laptop tidak bisa nyala, bisa saja disebabkan oleh rusak-nya hdd yang digunakan. Namun umumnya, jika hdd rusak, maka saat laptop dihidupkan, akan tampil layar kosong dan tertulis bahwa hdd tidak terdeteksi. Jika anda masih belum percaya kalau hdd rusak, coba bongkar laptop dan bersihkan pada bagian HDD, lalu hidupkan kembali laptop anda.

Jika hasilnya masih sama atau tidak nyala, berarti hdd yang digunakan telah rusak dan harus di ganti ke yang baru. Yang perlu anda perhatikan untuk mengetahui apakah laptop tidak nyala memang karena hdd yang rusak, yaitu notifikasi atau warning yang muncul saat laptop dihidupkan.

Kerusakan Pada RAM

laptop tidak bisa nyala tapi tombol power hidup

Jika laptop saat dinyalakan hanya menampilkan layar blank atau hitam dan mesin dari laptop berjalan seperti biasa, maka bisa saja kerusakan terjadi pada RAM di laptop anda. Biasanya jika tidak merasa kerusakan diakibatkan oleh hal yang fatal, bisa jadi ram tersebut hanya longar atau kotor.

Lalu bagaimana solusinya? untuk mengatasinya tentunya anda harus membongkar laptop, lalu ketatkan kembali ram tersebut. Jika memungkinkan buka ram tersebut lalu bersihkan pin dari ram tersebut, pastikan membersihkannya dengan alat khusus atau menggunakan lap dengan bahan halus. Pasang kembali ram yang sudah dibersihkan dan coba hidupkan kembali laptop anda.

Bagaimana jika laptop tetap tidak bisa nyala, padahal ram sudah dibersihkan. Maka cara terakhirnya anda harus memperbaikinya langsung ke tempat service atau cara terbaiknya yaitu mengganti ke ram yang baru. Umumnya masalah ini sering terjadi di laptop yang sudah sangat lama digunakan.

Baca Juga: Cara Melihat RAM Laptop dengan mudah

Processor Yang Bermasalah

laptop tidak nyala

Bermasalah disini bisa juga dikatakan mengalami kerusakan. Processor di laptop merupakan komponen utama yang paling penting, kenapa? karena processor merupakan otak dari laptop tersebut. Jadi jika ada masalah kecil saja pada processor, maka laptop tersebut akan hang atau tidak bisa nyala, walaupun lampu indikator power menyala seperti biasa.

Umumnya kerusakan ini disebabkan karena adanya debu yang sudah menumpuk dan mengganggu kinerja dari processor. Bongkar laptop anda dan bersihkan debu tersebut dengan hal yang lembut atau menggunakan alat khusus atau anda bisa membuka processor tersebut lalu perhatikan pada bagian pasta processor atau iso thermal-nya, Jika terlihat kurang baik atau rusak bersihkan dan ganti dengan yang baru.

Akhir Kata

Demikianlah Cara mengatasi laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup. Masalah seperti ini, sering terjadi di laptop yang pengunaanya sudah cukup lama dan juga laptop yang terbentur atau terbanting yang akan merusak bagian dalam dari laptop tersebut.

Jika kurang pandai atau tidak berani dalam membongkar laptop sebaiknya langsung bawa ke tukang service.