Cara Mengembalikan Hp yang Sudah di Root

Cara Mengembalikan Hp yang Sudah di Root – Kebanyakan pengguna smartphone melakukan root pada hp mereka, yaitu untuk mendapatkan hasil atau kinerja hp yang lebih maksimal.

Tentunya dalam melakukan root pasti memiliki efek samping terhadap hp, salah satunya hp lebih mudah terkena virus. Maka dari itu Pengguna yang hp-nya sudah root harus lebih berhati-hati dalam melakukan suatu hal.

Untuk melakukan root, anda bisa menggunakan bantuan aplikasi. Selain bisa dilakukan langsung melalui smartphone tersebut, ternyata ada beberapa cara yang membutuhkan bantuan komputer atau laptop.

Karena terkenal cukup berbahaya dan dapat merusak smartphone, tak banyak juga yang mau melakukan unroot atau mengembalikan hp dalam keadaan semula setelah di root.

Yang menjadi pertanyaan, apakah bisa mengembalikan hp yang sudah di root dalam keadaan baru ? Jika anda tertarik melakukan hal tersebut, berikut kami bahas cara mengembalikan hp yang sudah di root di semua tipe android.

Cara Mengembalikan Hp yang Sudah di Root Menggunakan SuperSU

Cara Mengembalikan Hp yang Sudah di Root

Aplikasi pertama yang bisa anda gunakan untuk mengembalikan hp yang sudah di root adalah SuperSU. Aplikasi ini terbilang sangat mudah digunakan, interface yang ditampilkan sederhana dan tersedia dalam versi gratis.

Berikut cara menggunakan SuperSU untuk melakukan unroot android.

  1. Pertama, pastikan bahwa anda sudah menginstall aplikasi SuperSU. Jika belum silahkan install terlebih dahulu melalui play store, jika tidak terdapat di play store, silahkan cari di google
  2. Selanjutnya, install aplikasi SuperSU seperti biasa dan buka
  3. Pada halaman pertama, silahkan masuk ke menu settings
  4. Cari dan pilih menu Full Unroot, biasanya menu ini berada di bagian paling bawah
  5. Selanjutnya, anda akan diminta untuk melakukan konfirmasi, apakah anda sudah yakin ingin melakukan unroot di hp android tersebut. Untuk melanjutkan silahkan tekan tombol continue
  6. Tunggu proses unroot selesai
  7. Jika proses unroot sudah selesai, maka akan dilakukan restart secara otomatis
  8. Jika hp sudah selesai restart dan sudah dalam keadaan hidup, silahkan hapus saja aplikasi SuperSU yang telah anda install tadi

Sampai disini anda sudah berhasil melakukan unroot di hp android anda dengan aplikasi SuperSU, semuanya akan kembali seperti biasa dan sudah bisa digunakan.

Cara Mengembalikan Hp yang Sudah di Root Menggunakan ES File Explorer

ES File Explorer merupakan aplikasi file manager yang dikhususkan untuk android, ada banyak fitur yang bisa anda dapatkan melalui aplikasi ini, salah satunya fitur Unroot.

Aplikasi ini tersedia dalam versi gratis dan bisa di install langsung melalui play store. Berikut cara menggunakan ES File Explorer untuk melakukan unroot hp android.

  1. Pertama, install terlebih dahulu ES File Explorer di smartphone anda. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, aplikasi ini bisa di install melalui play store
  2. Lanjut, setelah proses install selesai buka aplikasi tersebut dan tekan tombol menu
  3. Selanjutnya, anda harus memilih dan mencari menu Tools lalu aktifkan pada bagian Root Explorer
  4. Saat mengaktifkan fitur tersebut, maka anda akan diminta untuk memberikan akses root, silahkan izinkan saja untuk melanjutkan
  5. Selanjutnya, silahkan kembali ke tampilan layar utama, lanjut masuk ke folder root yang ada di hp android anda dan anda akan melihat menu dengan icon /
  6. Selanjutnya, masuk ke menu system | bin
  7. Pada bagian ini, anda harus mencari file dengan nama busybox dan su, jika sudah ketemu hapus kedua file tersebut
  8. Namun, jika pada langkah sebelumnya tidak menemukan folder busybox dan su, anda harus kembali ke foder root dan cari folder app, lalu cari file bernama superuser.apk dan hapus
  9. Jika proses penghapusan sudah selesai, silahkan restart hp anda

Cara Mengembalikan Hp yang Sudah di Root Menggunakan Kingroot

Umumnya sudah banyak aplikasi yang bisa anda gunakan untuk keperluan root. Kebanyakan aplikasi juga tersedia secara gratis dan mudah digunakan. Salah satu aplikasi yang cukup terkenal digunakan untuk root, yaitu Kingroot.

Melalui aplikasi ini, anda juga bisa melakukan unroot pada smartphone yang sudah di root. Berikut cara menggunakan Kingroot untuk melakukan Unroot.

  1. Pertama, pastikan anda sudah menginstall aplikasi Kingroot. Biasanya jika sudah melakukan root dan menggunakan Kingroot, pastinya sudah memiliki aplikasi ini
  2. Selanjutnya, silahkan buka aplikasi Kingroot dan cari menu General Setting
  3. Tunggu beberapa saat dan nantinya akan muncul sebuah notifikasi konfirmasi, silahkan tekan tombol Continue
  4. Terahkir, anda hanya perlu menunggu proses unroot selesai dan hp anda akan secara otomatis restart.

Baca Juga:

Demikianlah cara mengembalikan hp yg sudah di root. Cara diatas bisa anda coba di semua merk smartphone. Silahkan pilih salah satu metode diatas yang menurut anda cocok.

Namun jika beberapa aplikasi diatas anda gunakan saat melakukan root, sebaiknya gunakan juga aplikasi tersebut untuk melakukan unroot. Semoga bermanfaat.

/* */