Tips & Trik

Cara Mengatasi Nox Tidak Bisa Dibuka

nox tidak bisa dibuka

Nox merupakan emulator android yang memungkinkan anda untuk menjalankan aplikasi android di komputer atau laptop. Dari sekian banyaknya emulator android, nox menjadi salah satu yang terbaik karena cukup ringan dan banyak fitur menarik didalamnya, seperti fitur controller yang sudah tersedia secara otomatis dan anda tidak perlu melakukan pengaturan lagi.

Namun, selama menggunakan nox ada 1 masalah yang sering dijumpai, yaitu stuck atau tidak bisa membuka nox. Tentunya hal ini akan membuat pengguna tidak bisa menjalankan nox tersebut. Nox tidak bisa dibuka disebabkan beberapa masalah, umumnya karena masalah yang timbul dari aplikasi nox tersebut, seperti bug, error atau tidak kompetibel.

Berikut cara mengatasi nox tidak bisa dibuka yang wajib anda coba.

Cara Mengatasi Nox Tidak Bisa Dibuka

Aktifkan Compatibility Mode

Compatibility mode pada windows akan membantu anda untuk mengemulasi versi perangkat lunak yang lebih lama sehingga beberapa aplikasi atau software yang awalnya tidak bisa dijalankan menjadi berjalan normal.

Hampir semua versi windows memiliki fitur compability mode. Compatibility mode juga bisa anda gunakan, untuk mengatasi nox yang awalnya tidak bisa dibuka. Silahkan ikuti tutorial berikut ini.

  1. Pertama, pada icon nox di dekstop, silahkan klik kanan lalu pilih menu propertis
  2. Selanjutnya, pilih menu Compatibility
  3. Lalu pada bagian compability mode, silahkan centang opsi Run the program in compatibility mode for
  4. Selanjutnya, pada bagian bawahnya, anda bisa memilih versi windows yang anda gunakan
  5. Terakhir, tekan apply dan ok, lalu buka kembali nox tersebut

End Task Nox

Jika mengalami stuck atau nox tidak bisa dibuka, hal tersebut bisa saja disebabkan karena bug atau error yang tiba-tiba terjadi.

Untuk solusinya anda perlu melakukan restart pada laptop atau komputer, namun sebelum melakukan restart, anda harus menutup paksa terlebih dahulu nox menggunakan task manager, seperti tutorial berikut ini.

  1. Pertama, silahkan buka task manager, bisa dengan klik kanan pada taskbar lalu pilih task manager atau gunakan kombinasi keyboard Ctrl + Alt + Dlt atau Ctrl + Shift + Esc
  2. Lalu di task manager, silahkan cari aplikasi nox, klik kanan dan pilih end task
  3. Biasanya aplikasi nox yang terlihat di task manager lebih dari 1, silahkan hapus semuanya
  4. Setelah selesai dengan task manager, silahkan restart komputer atau laptop

Gunakan Windows Repair

Menurut beberapa pembahasan tenang nox yang tidak bisa dibuka di forum resmi nox, team nox menyarankan untuk menggunakan Windows Repair.

Berikut cara menggunakan Windows Repair untuk mengatasi nox yang tidak bisa dibuka.

  1. Pertama, download terlebih dahulu Windows Repair, bisa melalui google atau dari web resmi nox
  2. Lanjut, klik kanan pada aplikasi nox lalu pilih Run as administrator
  3. Lalu buka Windows Repair yang telah di download tadi. Jika masih dalam keadaan rar, zip atau 7z, silahkan extract dengan mengklik kanan lalu pilih extract file
  4. Jika windows Repair telah terbuka, pilih tab Repairs, lalu pilih Open Repairs
  5. Tekan tombol Start Repair
  6. Terakhir, tunggu saja hingga proses repair selesai

Re-install Nox

Cara terakhir dan cukup ampuh untuk mengatasi nox yang tidak bisa dibuka yaitu dengan melakukan uninstall dan install kembali nox tersebut.

Cara ini akan membantu anda untuk menghilangkan semua bug dan error yang terdapat di aplikasi nox tersebut. Lakukan uninstall pada nox, lalu download nox versi terbaru langsung di website resmi nox dan lakukan penginstallan seperti biasa.

Baca Juga: Cara Melihat Password Wifi di Windows 10

Akhir Kata

Demikianlah tutorial mengenai masalah yang terjadi pada nox yang anda punya. Umumnya problem tersebut terjadi karena beberapa bug atau error yang terjadi akibat kesalahan pada proses installasi nox.